Cara Mengetahui Pempek Palembang Asli dan Palsu

pempek palembang

Pempek palembang adalah salah satu makanan yang bisa dijumpai dimana saja baik di palembang atau juga di jawa seperti jakarta, bandung dan daerah lainnya. Jadi makanan khas  tersebut bukan hanya miliki atau bisa dinikmati oleh orang palembang saja akan tetapi bisa oleh banyak orang di seluruh dunia. Pempek pelembang ini memiliki beragam rasa dan resep yang bisa ditemukan mulai dari yang enak sampai dengan rasa yang berbeda dan itu kembali lagi kepada setiap orang sesuai selera yang diminatinya.

Jika anda perhatikan sebetulnya ada banyak sekali jenis pempek yang bisa kita jumpai diselurub wilayah indonesia, karena keberadaan pempek ini sudah mendunia bahkan sudah populer dikalangan pembuat berbagai kuliner indonesia bahkan luar negeri. Makanan khas palembang ini menjadi tetap terkenal dan kaya akan peminatnya. Namun kadang memang karena  ada banyak yang mengikutinya, akhirnya ada sebutan pempek asli dan juga palsu. Nah selama ini banyak diantara kita yang memang tidak tahu bagaimana cara membedakannya.

Cara Mengetahui pempek Palembang Asli dan Palsu

Ada beberapa cara untuk mengetahu pempek palembang asli dan palsu, namun bukan palsunya tetapi menu yang disajikan bukan oleh orang asli palembang maka rasanya juga akan berbeda sekali dengan yang lainnya. Dengan kemampuan membedakannya dengan baik, maka anda  bisa menghindarkan diri dari produk yang palsu itu karena percuma anda beli yang palsu karena rasanya tentu tak akan seenak  yang asli. Nah maka dari itu silahkan anda simak cara membedakannya sebagai berikut.

  • Kuah Cuka pempek atau cuka

Kuah ini membedakan dari yang lainnya, ada yang menggunakan cuko dan ada juga yang tidak. Penggunaan cuko tersebut yakni campuran dari beberapa bahan seperti campuran gula merah, sehingga rasanya cukup berbeda dan benar-benar asli khas daerah palembang asalnya.

  • Terasa Ikan Tenggiri

Apabila anda mencicipi kuliner khas palembang tentunya yang mebedakan asli atau tidaknya yakni memiliki rasa ikan tenggiri, tetapi kalau palsu biasanya suka tidak tercium aroma ikannya. Hal yang membedakannya adalah memiliki rasa aroma ikan tenggiri.

  • Sajian Bumbu Rasanya berbeda

Pempek asli memiliki rasa yang enak dan gurih sekali. Berbeda dengan pempek yang ada di bandung dan juga yang ada di jakarta, walaupun sama-sama pempek tetapi memiliki rasa yang berbeda. Mungkin saja rasa yang berbeda tersbut seperti di jakarta adalah inovasi pempek terbaru.

Pempek yang asli dari palembang biasanya memiki kuah yang rasanya enak yang dicampur dengan pedas asam jawa dan juga rasa aroma ikan tenggirinya yang menjadi salah satu pembeda dari yang lainnya. Dengan cara membedakan seperti disebutkan diatas, maka anda bisa menilai sendiri pempek palembang yang anda  beli atau makan.