Mengapa Belajar Bahasa Mandarin di Cina

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin di Cina

Ada banyak pembicaraan saat ini tentang apa yang sedang terjadi di China. Dengan kemunculannya di panggung dunia sebagai pusat perubahan ekonomi global, keseimbangan kekuatan budaya pada akhirnya akan dikalibrasi ulang. Ketika China menyusul Jepang sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, ini adalah saat yang tepat untuk mengetahui apa artinya ini bagi masa depan studi bahasa Cina.

Jadi itu akhirnya terjadi: China sekarang adalah ekonomi terbesar kedua di dunia. Bagi seorang geek ekonomi dan ahli fetis Cina seperti saya, ini adalah berita paling menarik yang telah saya dengar sejak lama.

Apa artinya ini bagi siswa? Apa artinya bagi bisnis?

Tidak ada keraguan bahwa perubahan paradigma terbesar waktu kita adalah kenaikan Cina sebagai kekuatan super global, tetapi menjadi nomor dua, dalam kasus Cina, tidak semenarik kedengarannya. Setelah semua, Cina empat kali sebagai terpadat sebagai juara berat berat liga AS.

Apa yang mengesankan adalah potensi Chinas. Dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 10%, China menggandakan outputnya setiap delapan tahun. Berapa lama ini akan berlanjut adalah masalah perdebatan yang rumit, terutama difokuskan pada tingkat bahwa tingkat keuntungan produktivitas dapat mengimbangi peningkatan upah. Dengan kata lain itu tergantung pada berapa lama China akan tetap menjadi “Pabrik Dunia” dan jika pertumbuhan ekspornya dapat berlanjut. Namun, perdebatan ini hanya mengenai waktu yang akan diambil: China pada akhirnya akan, dan secara historis berbicara, segera, melampaui AS secara absolut bahkan jika tingkat pertumbuhannya turun ke tingkat yang lebih rendah.

Ketika pendapatan rata-rata China menjadi seperempat dari warga AS, Beijing akan setara dengan Washington. Ini akan terjadi dalam 20 tahun.

Ketika pendapatan rata-rata Cina setengah, itu akan lebih dari dua kali lebih besar. Ini akan terjadi dalam hidup kita.

Ketika hal yang sama, itu akan mengerdilkan ekonomi AS, yang kemudian akan menjadi kurang dari seperempat dari Cina.

Angka-angka ini, yang luar biasa, menggambarkan fenomena yang akan mengubah dunia. Saya menulis bahwa kenaikan ini akan menjadi perubahan paradigma terbesar di zaman kita. Saya berdiri dengan itu. Sekarang aturan bahasa Inggris adalah karena aturan dunia berbahasa Inggris. Gordon Brown baru-baru ini menyatakan bahwa segera akan ada lebih banyak orang yang berbicara bahasa Inggris di China daripada di Barat. Ada 300 juta orang Cina yang belajar bahasa Inggris. Permintaan untuk orang-orang China yang berbahasa Inggris akan diisi dalam 15 hingga 20 tahun.

Siswa Barat tidak peduli dengan bahasa Cina, jika dilihat dalam konteks ini: sekitar 1 juta orang sedang mempelajari bahasa Cina sebagai bahasa kedua secara global; sekitar setengah dari mereka menganggap panggilan ini cukup serius untuk mencapai kefasihan. Ketika gelombang mulai berputar, yang akan terjadi dalam 15 tahun, dan setiap perusahaan besar akan membutuhkan titik kontak utama di China, sama seperti setiap perusahaan memiliki satu di AS dan Eropa hari ini, orang-orang barat yang dapat berdiri dengan satu kaki di timur dan satu kaki di barat akan menjadi mereka yang memanfaatkan perubahan.

Jadi: Mengapa Belajar Bahasa Cina?

Bagian terbesar dari manfaat tidak terletak pada apa yang ada di China saat ini, tetapi dalam apa yang akan terjadi dalam waktu dekat.

Selanjutnya, komponen bahasa di sini hanyalah sepotong kecil dari teka-teki. Ada perbedaan budaya yang sangat besar antara ide-ide Cina dan Barat ketika menyangkut segalanya: kehidupan, keluarga, kontrak, etika kerja, dll. Jika kita melihat realitas situasi, mengetahui Cina tidak akan cukup. Karena meskipun perdagangan bersifat internasional, bisnis bersifat lokal: saat ini sebagian besar bisnis, seperti halnya bahasa Inggris, dilakukan dengan istilah Barat, tetapi ini sudah mulai berubah. Pertama-tama akan ada periode kesetaraan yang panjang antara pandangan-pandangan dunia yang saling bertentangan ini, di mana pemahaman yang serius terhadap kedua titik pandang itu akan sangat penting, dan barangkali, pada cakrawala yang jauh, sebuah keuntungan Cina. Karena uang tunai adalah raja, dan Cina menjadi kaya, untuk memahami pikiran orang Cina akan sama pentingnya dengan memahami produk yang Anda wakili.

Jadi: Mengapa Belajar Bahasa Cina (di Cina)?

Tidak hanya jauh lebih mudah untuk mempelajari bahasa Cina di Cina daripada mempelajarinya di tempat lain, tetapi tambahan wawasan budaya akan menjadi karakter yang menentukan dari banyak pekerjaan baru yang akan muncul ketika China mulai berbagi kekuatan ekonomi dengan saingan terakhirnya. untuk judul berat, AS.